Karakter dan Animasi Unity 3D

Pada kesempatan kali ini kan dijelaskan proses cara pembuatan karakter dan animasi sederhana menggunakan aplikasi unity 3d.





Pertama tama buatlah sebuah file project unity 3d pada aplikasi unity, kemudian tambahkan sebuah terrain dengan texture grass untuk menambahkan keindahan. Kemudian tambahkan standard asset unity dan export ke dalam project unity yang sudah dibuat.  





Pilih prefab thirdpersoncharacter pada file statdard asset, dan masukan ke dalam tabel hirarki.


Kemudian akan tampil karakter dari prefab tersebut didalam layat scene, karakter tanpa skin. 




Selanjutnya tambahkan thirdpersoncontroller dari file standard asset dan masukan kedalam tabel hirarki, tapi sebelumnya hapus terlebih dahulu kamera utama dari tabel hirarki

 


Lalu masukan thirdpersonkamera ke dalam target dari karakter animasi yang ada.



Coba jalankan scene lalu lihatlah bahwa karakter bisa berjalan, lari, dan melompat tanpan kita harus menambahkan script ekternal yang kita buat sendiri. Karakter yang dipakai juga bisa kita buat sendiri menggunakan aplikasi 3d seperti blender dan menghiasnya dengan membuat texture akin menggunakan aplikasi seperti photoshop dan lainnya.



Selanjutnya akan dicontohkan cara menggunakan karakter lainnya. Pertama download karakter atau buat sendiri sesuai dengan keinginan. Lalu import ke dalam project unity yang sudah dibuat sebelumnya. Karakter yang dibuat sendiri menggunakan software seperti blender 3d biasanya sudah memiliki mekanisme bergerak yang bagus dan rapih.



Masukan animasi yang sudah dibuat atau didownload ke dalam tabel hirarki. Kemudian tambahkan controller untuk karakter yang ada.




Selanjutnya atur suze dari controller yang sudah dibuat. Atur sesuai dengan besar dari karakter.




Setelah itu buatlah animator controller, dan ubah nama controller sesuai dengan kebutuhan. 




Double klik KikyController maka akan muncul tab Animator. Pada tab Animator buatlah parameter Speed bertipe Float, Shift dan Attack bertipe Bool. Berikutnya pada panel utama Tab Animator, buat sebuah Animation State dengan cara klik kanan, pilih menu Create State -> Empty. Animation State adalah status yang dikenali oleh Unity yang isinya mengacu pada animasi yang telah dibuat pada software grafis.




Beri nama Animation State yang pertama sebagai Idle.



Warna orange menunjukkan jika status yang pertama ini merupakan animasi default yang akan dijalankan pertama kali. Masih dengan state Idle terpilih, klik tab Inspector dan isi parameter Motion dengan animasi idle. Pastikan mengisi sebuah model dengan animasi yang memang diperuntukkan untuk objek tersebut.



Lakukan hal yang sama untuk status animasi lainnya seperti Walk, Run dan Pose. Buat Animation State dan sesuaikan pula animasi-animasi lainnya.





Langkah selanjutnya adalah membuat Transition antara Animation State yang satu dengan yang lain. misalnya, perubahan dari animasi idle ke walk. Caranya klik status idle, klik kanan dan pilih Make Transition. Drag mouse dan klik status walk sampai terbentuk panah berwarna putih.



Klik panah putih tersebut. Hapus centang Has Exit Time, dan masukkan dua buah parameter pada panel Condition. Caranya, klik tombol + kecil di ujung kanan bawah panel, lalu gunakan combobox untuk memilih variabel dan menentukan nilainya.
Contoh kondisi yang dibuat:
“Animasi Idle akan berubah menjadi animasi Walk, ketika nilai Parameter Speed > 0.1 dan Parameter Shift bernilai true”



Buat panah sebaliknya dengan cara klik Animation State Walk, klik kanan, pilih make Transition dan klik Animation State Idle. Tambahkan dua buah parameter yang isinya kebalikan dari sebelumnya sehingga kondisi yang dibuat menjadi:
“Animasi walk akan berubah menjadi animasi Idle, ketika nilai parameter Speed < 0.1 dan parameter Shift bernilai false”




Lakukan hal yang sama untuk perubahan dari status idle dan status Run dan sebaliknya. hanya saja, khusus untuk perubahan ini, cukup ubah satu parameter yaitu Speed saja.




Selanjutnya perubahan yang menarik yaitu dari status Run ke status Walk. Parameter yang diubah hanyalah parameter Shift saja. Perubahan ini bisa dibaca sebagai :

“Saat animasi run sedang aktif, jika tiba-tiba parameter Shift menjadi True, aktifkanlah animasi Walk.” Lakukan hal yang sama untuk sebaliknya.




Transisi selanjutnya adalah transisi dari status Any State ke status Pose dengan perubahan parameter Attack menjadi true. Dalam hal ini, tidak peduli karakter sedang idle, Walk, atau Run, jika Parameter Attack menjadi true, animasi Pose yang akan dijalankan.



Transisi yang terakhir adalah transisi dari status Pose ke Idle dengan perubahan parameter Attack menjadi false.




Selanjutnya buatlah script C# baru dan beri nama ScriptKiky.cs dan ubah menjadi seperti berikut ini:





            


Kemudian klik GameObject Kiky Si Kancil. Pada tab Inspector, di panel Animator, pasang KikyController jika sebelumnya belum terpasang.



Selanjutnya pasang ScriptKiky pada GameObject Kiky Si Kancil dan atur nilai parameternya sesuai kebutuhan.



Terakhir, gunakan prefab FreeLookCameraRig dan arahkan Targetnya pada Kiky Si kancil. Kita bisa mengatur beberapa parameter yang lain sesuai kebutuhan, namun yang paling utama adalah atur parameter Colsest Distance:20 agar jarak kamera dengan Kiky tidak terlalu dekat.





Jalankan game dan lihat hasilnya.





Informasi lengkap universitas Budi Luhur Jakarta https://www.budiluhur.ac.id/
































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inheritance dan Contoh Programnya

Penjelasan dan Implementasi Class, Object, Instance, Method Pada Jcreator

CONTOH PROGRAM KONSEP OOP