Membuat Terrain Sederhana Pada Unity 3D
A. Pengertian Terrain Pada Unity 3D
Terrain adalah arena permainan yang biasanya berupa hamparan dengan texture tanah, rumput, pasir, bebatuan, atau air. Pada terrain kita juga bisa membuat bentuk/model seperti pohon, gunung, lembah , dan sebagainya. Dengan menggunakan unity 3D, kita tidak lagi harus bersusah payah dalam membuat bentuk untuk pembuatan sebuah dunia dalam game, karena pada unity 3D sudah disediakan world editor yang sangat lengkap untuk digunakan.
B. Proses Pembuatan Terrain Sederhana Pada Unity 3D
Berikut adalah langkah - langkah yang bisa dilakukan untuk membuat terrain dalam unity 3d.
1. Buatlah project baru pada unity dengan tipe 3D, beri nama project sesuai keinginan.
2. Selanjutnya, pada tabel hirarki kita bisa membuat object baru berupa terrain.
Dan akan muncul sebuah platform seperti gambar berikut
3. Kita bisa mengubah ukuran dari terrain yang ada, dengan cara klik setting pada terrain.
Disini saya mengubah ukuran terrain menjadi 1000 x 1000
4. Jika ingin menggunakan asset dari unity bisa langsung download dari dalam aplikasinya atau mengunjungin website dari unity.
5. Selanjutnya tambahkan texture yang sudah di download, dengan cara mengklik paint texture lalu pilih edit texture.
Pada kesempatan kali ini saya menggunakan texture rumput yang sudah saya download sebelumnya.
Terlihat seperti pada gambar di bawah, terrain sudah terpasang texture yang sudah kita pilih, dan kita bisa menambahkan lebih dari satu texture.
C. Menambahkan Object Pada Terrain
Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan cara membuat object seperti gunung, bukit dan juga pohon. Tapi sebelum itu bisa di download dulu asset untuk object pohonnya di asset store unity.
Dibawah ini adalah langkah - langkah yang bisa diikuti untuk membuat objek seperti gunung atau bukit.
- Pilih menu raise terrain pada tabel inspector seperti gambar dibawah ini.
- Kemudian pilih brush yang ingin digunakan, disini saya menggunakan brush yang paling awal.
- Selanjutnya aplikasikan langsung pada terrain yang sudah kita buat sebelumnya, dan bentuk sesuai dengan kebutuhan.
- Tiap brush memiliki hasil kahir yang berbeda - beda, dan ukuran tinggi dari objek bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Selanjutnya adalah cara untuk menambahkan objek berupa pohon pada terrain yang sudah ada.
- Pilih menu paint trees pada table inspector
- Kemudia pilih edit tree
- Dan pilih add tree, kemudian pilih pohon yang sudah diimport sebelumnya
- Objek pohon sudah terpilih
- Terakhir aplikasikan pada terrain dan atur sesuai dengan kebutuhan.
Selain membuat objek gunung, bukit, dan juga pohon, masih banyak sekali objek yang lainnya yang bisa kalian tambahkan sendiri. Dibawah ini adalah hasil akhir dari terrain yang sudah saya edit sedemikian rupa.
Sekian pembahasan mengenai terrain pada unity 3D, mohon maaf jika masih banyak kekurangan, terima kasih semoga bermanfaat.
Univ BudiLuhur Jakarta : https://www.budiluhur.ac.id/
Komentar
Posting Komentar