Cara Membuat dan Menggunakan Prefab dalam Unity 3D
A. Membuat Prefab
1.1 Pengertian Prefab
Prefab merupakan sebuah GameObject yang disimpan ke dalam Assets, yang nantinya bisa dimanfaatkan menjadi GameObject kembali. Prefab adalah sebuah object yang dibuat untuk digunakan secara berulang tanpa harus membuat secara terpisah. Prefab bisa dipanggil kapanpun jika dibutuhkan.
1.2 Cara Membuat Prefab
1. Buat scene baru dalam project unity 3D.
2. Kemudian buatlah object baru berupa plane.
3. Maka akan tampil seperti dibawah ini.
4. Selanjutnya buat satu object plane lagi, kemudian atur skalanya menjadi lebih kecil
Skala bisa diubah melalui inspector.
Ubah nama plane yang baru menjadi Lantai2, dan atur posisi sesuai dengan keinginan.
5. Tambahkan gameobject child pada Lantai2, dengan mengklik kanan pada tabel hirarki
7. Selanjutnya buat object baru berupa Spphere, dan ganti namanya menjadi MyBall
Kalian bisa menambahkan gambar pada object MyBall dengan cara klik kanan pada asset lalu import new asset, kemudian pilih gambar yang diinginkan. Jika gambar sudah ada, drop gambar tersebut ke object MyBall untuk digunakan.
8. Tambahkan component rigidbody pada object MyBall untuk menambahkan efek gravitasi kepada object tersebut.
9. Buat sebuah Physic Material dengan cara klik Assets -> Create -> Physics Material dan beri nama Bounce.
11. Ubah parameter bounciness menjadi 0.9 untuk mendapatkan efek memantul.
12. Drag efek bounce ke sphere collider pada object MyBall
13. Drag object MyBall pada tabel hirarki menuju tabel asset untuk menjadikannya prefab,
dan prefab siap untuk digunakan.
B. Membuat Script
Buatlah script c# dengan nama GandakanBola, dan ketikan script dibawah ini
Kemudian drag script tersebut ke object yang diinginkan, dan jalankan scene yang sudah dibuat.
Dibawah ini merupakan contoh hasil akhir scene yang sudah selesai.
Kunjungi website Universitas Budiluhur: https://www.budiluhur.ac.id/
Muhammad Azmi Fadhlurrahman
1911502381
Komentar
Posting Komentar