VARIABEL DAN KONSTANTA DALAM JCREATOR
Di dalam jcreator ada variabel dan konstanta yang bisa digunakan untuk membantu dalam membuat program. Berikut adalah uraian mengenai pengertian variabel dan konstanta dan beberapa contoh programnya dalam jcreator.
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
4. Program Variabel 2
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
5. Program Konstanta 2
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
6. Program Aritmatika 2
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
7. Operator Pembanding 2
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
8. Program Operator Logika 2
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
9. Program Ternery 2
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
Itulah pengertian dari Variabel dan juga Konstanta dalam Jcreator serta beberapa contoh program sederhana. Semoga Bermanfaat.
A. Pengertian Variabel dan Konstanta
Variabel merupakan tempat penyimpanan atau penampung nilai atau data di dalam memori.
Variabel terdiri dari tipe data dan nama variabel. Tipe data menentukan jenis nilai atau data
yang akan disimpan, sedangkan nama variabel menjadi pengenal (identifier), seperti halnya
orang akan dipanggil dengan nama yang ia miliki, begitu-pun variabel.
Terdapat dua tipe variabel yang digunakan dalam pemrograman Java, yaitu primitive
variables dan reference variables.
Konstanta merupakan suatu nilai bersifat tetap atau tidak dapat dirubah, disebut juga konstanta (constant), untuk
mendeklarasikan konstanta dapat mengikuti aturan.
1. Harus menambahkan kata kunci final sebelum nama konstanta.
2. Sebaiknya tulis nama konstanta dengan semua huruf besar atau kapital.
3. Jika terdiri dari beberapa kata gunakan tanda underscore (_) sebagai pemisah.
4. Harus memberikan nilai tetap tersebut.
5. Jika memberikan nilai setelah dideklarasikan maka akan menimbulkan pesan error.
1. Harus menambahkan kata kunci final sebelum nama konstanta.
2. Sebaiknya tulis nama konstanta dengan semua huruf besar atau kapital.
3. Jika terdiri dari beberapa kata gunakan tanda underscore (_) sebagai pemisah.
4. Harus memberikan nilai tetap tersebut.
5. Jika memberikan nilai setelah dideklarasikan maka akan menimbulkan pesan error.
B. Beberapa Contoh Program Mengenai Variabel dan Konstanta Dalam Jcreator
1. Program Variabel
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
2. Program Konstanta 2
3. Program Operator Aritmatika
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
4. Program Variabel 2
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
5. Program Konstanta 2
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
6. Program Aritmatika 2
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
7. Operator Pembanding 2
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
8. Program Operator Logika 2
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
9. Program Ternery 2
Dibawah ini adalah hasil tampilan dari program diatas jika dijalankan.
Itulah pengertian dari Variabel dan juga Konstanta dalam Jcreator serta beberapa contoh program sederhana. Semoga Bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar